Jumat, 23 Maret 2012

Apakah Anda adalah seorang dengan Opini dan Berpola Pikir (Mindset) Divergensi yang bermental Luas dan Terbuka atau Convergensi yang bermental Sempit dan Tertutup ?


Oleh: Edmond F. La'lang (ekonomi dan pemerhati lingkungan)


               "Pandangan Divergensi" adalah pandangan dunia yang telah menyebar ke semua titik bahkan untuk seluruh alam semesta adalah untuk melihat bintang-bintang indah yang tersebar di seluruh bintang galaksi. Berbeda, terbuka, demokratis dan menghormati perbedaan pendapat, prinsip, cara berpikir dari setiap sikap hidup manusia dan selalu berpikiran terbuka. Jadi mata, pikiran, hati dan visi akan terlihat lebih dan lebih jauh serta meluas. Tips pandangan ini adalah "SEMUA UNTUK SATU" (ibadah, pikiran, hati dan perbuatan dalam hidup saya hanya untuk Allah saja) bahwa kita sebagai manusia yang lemah dan kurangnya akan melakukan kepatuhan penuh dengan Pencipta Alam Semesta, punya cinta agape , tidak egois, bermental ke arah "ekstrovert" dan selalu hidup yang mencerminkan adanya kebersamaan manusiawi dan keanekaragaman hayati di bumi.

          Betapa kecilnya planet Bumi, apalagi diri kita sendiri di alam semesta raya ini. Tindakan manusia adalah sebagai penuh dengan "
GAMBARAN TUHAN" yang hidup dengan prinsip : "SATU UNTUK SEMUA" (Satu untuk semua dengan memberikan berkat dan kebaikan bagi kemanusiaan dan alam). Hidupnya adalah "Terbuka" dengan pola pikiran terbuka, hati terbuka, smeski berbeda dalam prinsip hidupnya, suka bersosialisasi dengan banyak orang dan mudah bersahabat dengan menerima perbedaan, berpikir "easy going" terhadap berbagai masalah dan tantangan hidup, tangan terbuka dan saku terbuka bagi orang lain dengan lebih berorientasi pada kepentingan Allah, alam, dunia, negara, masyarakat, perusahaan, keluarga besar, istri dan anak sendiri. Hidupnya berjiwa sosial, tidak egois, tidak sempit dan tertutup, tidak materialistis, tidak hedonistik dan tidak sombong, ingin berbagi rasa dan keberuntungan bersama orang lain tanpa syarat dan tanpa pandang bulu atas perbedaan agama, ras, bangsa, etnis , warna kulit, status sosial dan prestasi sosial – ekonomi. Cinta kasihnya adalah karakter dari Agape (Cinta Tuhan) dengan taat pada pikiran, kata dan perbuatan yang selalu konsisten, harmonis dan seimbang, dan Cinta Celia (Cinta kepada Alam Lingkungan Hidup dan Kemanusiaan dengan komitmen penuh dan konsisten) dengan kehidupan sosial yang kuat, sehat dan suka bersosialisasi. Segala hal yang dilakukannya adalah membangun untuk kebaikan lingkungan alam serta sistem peradaban manusia di segala bidang, termasuk bidang sosial, ekonomi, politik dan lingkungan hidupnya.

              "Pandangan Konvergensi" adalah cara pandang dari lingkup luas menuju ke sebuah titik itu yang sering menujukkan jati diri yang egois (egosentris), bersikap "Tertutup" dengan bermental serakah, materialistis, hedonis, snobbish dan sombong, tidak mau berbagi hasil dan perasaan, tak suka bersosialisasi dengan banyak orang, monopolistis, kehidupan sosial sangat rendah (hanya orang tertentu yang dipercaya dan sering bersifat pilih bulu terhadap perbedaan dalam agama, ras, suku dan kelompok), merasa dirinya raja (feodalistik), ingin memiliki yang terbaik bagi dirinya sendiri meski harus mengorbankan kepentingan orang banyak, merasa benar sendiri, mau menang sendiri atau ngototan, mau enak sendiri, masochist dan ingin menang sendiri bahkan pada orang yang menderita. Jadi dia merasa sebagai pusat dari segala sesuatu, semua orang harus mengikuti kehendaknya, selalu ingin terus berkuasa, mau menang terus meski dengan segala cara tidak halal, ingin kaya raya dan terkenal dengan segala cara untuk mendapatkannya. Hidupnya hanya untuk kepentingan diri, keluarga dan kelompoknya sendiri. Cinta Eros  adalah bersifat narsis, penuh gairah, hanya untuk menyenangkan dirinya sendiri, gampang marah dan emosi, tanpa kontrol diri yang baik dan kecemburuan yang berlebihan. Cinta Celia kepada Tuhan Pencipta (Sumber Ilahi) dan Cinta Kasih (Agape dan Celia) kepada sesama manusia dan lingkungan alam hanya sangat kurang diperhatikan dalam setiap aspek kehidupannya. Dia hidup tidak untuk melayani, tetapi nikmat dan selalu minta untuk dilayani (semua untuk saya), dia ingin selalu mendapatkan perhatian, pujian dan kehormatan meski selalu curang dan licik, selalu ingin dikultuskan, bersikap otoriter dan cinta-diri sendiri (selfish). Semua tindakannya sering menyebabkan kerusakan lingkungan alam , sistem sosial dan peradaban manusia, terutama dalam berbagai aspek ekonomi, sosial dan politik.

          Setiap orang akan memiliki tingkat tertentu
yang berbeda, apakah Konvergensi atau Divergensi.  Jika sebagian dari pandangan hidup Anda  lebih dari 60% bahkan sampai 85% adalah pandangan Divergensi berarti Anda termasuk orang yang baik, bijaksana,  berpikiran terbuka, penuh kasih sayang kepada orang lain, berjiwa social dan dermawan, hati yang sejuk damai, saleh dalam beribadah, selalu bijaksana, berkata baik dan jujur serta selalu berbuat kebajikan selama hidupnya. Sedang jika Anda mempunyai pandangan Konvergensi lebih dari 60% dan bahkan sampai 85%, itu berarti Anda termasuk mempunyai hati jelek, pikiran yang kurang bijaksana, dan kehidupan tertutup, penuh keegoisan dan arogansi kepada orang lain, penuh kehidupan yang tidak bersih,  kurang saleh dalam ibadah dan perbuatannya sering kurang baik dan bijaksana, dimana sering lain kata lain perbuatan , munafik dan hanya hidup itu diri sendiri saja.

              Untuk itu, kita harus menyeimbangkan keduanya dengan sikap mental yang kuat dan cara berpikiryang baik  untuk mengubah kinerja dan citra diri dengan meningkatkan Spiritual Quotient (SQ) dan Emotional Quotient (EQ) menjadi lebih tinggi dan bukan hanya dinilai dari tingkat Quotient Intelektual (IQ ) yang tinggi saja. Karena jika tidak seimbang, meskipun otak kita pintar, tapi hanya punya prestasi jangka pendek, tapi dalam prospektif jangka panjang akan kalah dan tidak ada prestasi cemerlang dalam globalisasi. Jika IQ tinggi, sedang EQ dan SQ rendah akan menyebabkan Anda tidak dapat bersaing dengan sehat, baik dan adil, sering melakukan kejahatan dan mudah frustrasi. Ini adalah fase “Kehidupan Sekolah” yang sering tidak diajarkan dalam pendidikan formal. Akhirnya selalu cenderung untuk membela diri dan mendapatkan  "Zona Nyaman (Comfort Zone)", maka kita akan melakukan jalan keluar dengan korupsi, mentalitas puritan dan selalu mempertahankan "Status Quo" sebagai zona pendukung yang dalam banyak hal terlihat tidak etis, tidak bersih, tidak jujur, egois dan serakah.

Catatan Kaki :
         Fluktuasi jangka pendek (harian dan mingguan) akan terjadi secara alamiah yang dipengaruhi oleh kondisi mental, gairah, selera, motivasi dari psikologi massa global untuk mengambil posisi perdagangan dalam sebuah pasar yang padat dan sering bersifat chaos. Jika ada data atau berita yang sangat fundamental dari kondisi ekonomi, bisnis dan politik, pergerakan fluktuasi grafik harganya akan terjadi secara dinamis dan bergejolak baik meroket maupun jatuh bebas yang melebihi dari peramalan hariannya.  Tetapi secara jangka menengah dan panjang bagi investasi akan dipengaruhi secara dinamis oleh biosiklus dan bioritmik dari hukum dan kekuatan alamiah yang selalu bergerak dinamis naik dan turun. Jadi anda bukan saja harus berglobalisasi dengan sistim internet tapi juga sekarang seharusnya mempunyai visi dengan cara *Galaxisasi dengan Galaxinet* (Mindset dan Visi Alam Semesta Raya / Astronomis).
Dimana kita dapat mengetahui alunan dan kondisi Alam Semesta Raya ini dalam jangka pendek (10 tahun), jangka menengah 50 tahun maupun jangka panjang 100 - 200 tahun) yang akan juga secara nyata dalam sebuah "Kepastian Hidup (certainty) dan bukannya Ketidakpastian (uncertainty)" yang selalu dikeluhkan banyak pihak, termasuk para pemimpin pembuat kebijakan negara, para pemimpin kebijakan bisnisnya (pengusaha industri dan pedagang) maupun para pakar di berbagai bidang kehidupan. Pengaruh Kekuatan dan Hukum Galaxi (Alam Semesta Raya) ini pasti akan selalu mempengaruhi pada setiap aspek kehidupan kita di atas planet bumi ini, baik disadari maupun tidak disadari untuk diantisipasi dengan baik dan benar.
Anda dapat melihat Prediksi Bulanan dan Mingguan 
di Pasar Forex, Indeks Dunia dan Komoditi 


Kontak :

Edmond F. La'lang
Email  :   edmond.lalang@gmail.com
Telp.    :  +62031-3538606
HP         :   +62081-553080521
Linkedin : 
http://www.linkedin.com/home?trk=hb_tab_home_topKontak :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar